Rabu, 27 April 2016

BERBAGAI SENSOR PADA SMARTHPHONE






ACCELEROMETER SENSOR
            Sensor Accelerometer adalah merupakan salah satu fitur yang di tanam pada smartphone android yang biasanya berfungsi untuk menentukan derajat kemiringan dari smartphone. Pada dasarnya fungsi sensor ini untuk mengubah tampilan layar dari posisi landscape menjadi potrait ataupun sebaliknya, sehingga tampilan menu dan aplikasi yang ada di smartphone akan menyesuaikan posisi dari smartphone.salah satu contoh yang sering menggunakan sensor ini adalah aplikasi game, misal game dalam balapan mobil sehingga kita cukup memiringkan smartphone saat belok ke kanan atau ke kiri.


                 


PROXIMITY SENSOR
 Sensor Proximity adalah sebuah sensor jarak yang biasanya digunakan pada ponsel berlayar sentuh dan berada di bagian depan dengan dua lensa mirip kamera. Sensor ini sangat penting di ponsel ber-OS Android dimana gadget ini menggunakan layar touch-screen.

Dengan adanya sensor Proximity ini sangat berguna saat menerima telepon atau melakukan panggilan telpon, maka kita akan mendekatkan handphone ke telinga dan saat itu secara otomatis fungsi touch-screen akan mati (juga layarnya) sehingga layar tidak merespon kalau terkena telinga atau bagian tubuh yang lain. Dan bila saat ponsel menjauh dari telinga, fungsi touch-screen hidup kembali (juga layarnya nyala kembali). 

Dengan adanya Sensor Proximity inipun akan menghemat saat kita melakukan panggilan/menerima panggilan karena layar touchscreennya akan mati. Sebagai catatan fungsi Sensor Proximity tidak akan jalankalau kita memakai fungsi dari speaker-phone atau handsfree.
            Selain fungsi diatas, dengan adanya Sensor Proximity bisa membantu on off kan layar tanpa harus memencet/menekan tombol power, tentunya ponsel kita diberi pelindung Case yang biasa dikenal dengan Flip Cover. Beberapa ponsel Android ada yang sudah secara otomatis tersetting/support ke penggunakan Flip Cover, tapi ada beberapa yang belum. Hehe tidak usah kuatir bila tidak support bawaan, karena kita bisa install aplikasi dari GooglePlay (play Store) cari saja dengan keyword "Auto Screen On Off" disitu kalian tinggal pilih yang mana yang harus kalian gunakan.
           

AMBIENT LIGHT SENSOR
            Berfungsi untuk mendeteksi intensitas cahaya / kuat penerangan di sekitar smartphone. Berperan dalam perubahan Brightness/kecerahan layar. Berkat sensor ini jika anda ada di luar rumah dibawah sinar matahari, maka otomatis layar akan meningkatkan brightnessnya full supaya layar tetep keliatan sama agan, Jika anda didalam rumah/di malam hari atau didalam lemari,maka layar akan menurunkan brightnessnya agar lebih hemat daya dan tidak menyilaukan mata.



GYROSCOPE SENSOR
Sensor gyroscope adalah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, dengan prinsip ketetapan momentum sudut. Mekanismenya adalah sebuah roda berputar dengan piringan di dalamnya yang tetap stabil. Gyroscope sering digunakan pada robot atau helikopter dan alat-alat canggih lainnya. Gyroscope adalah berupa sensor gyro untuk menentukan orientasi gerak dengan bertumpu pada roda atau cakram yang berotasi dengan cepat pada sumbu. Gyroscope sensor bisa mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pennguna. Kita bisa membayangkan sebuah game pertempuran, sebelum ini bila kita ingin melihat situasi sekeliling, kita akan menyapu layar searah terus menerus untuk berputar, dengan gyro sensor ini kita cukup berputar sesuai gravitasi seperti benar-benar melihat sekeliling. Atau bila melihat sebuah obyek 3D kita cukup berputar untuk melihat setiap sudut obyek tersebut. Tentu ini adalah sebuah metode yang menghasilkan pengalaman seolah nyata.


COMPASS SENSOR
            Kompas berfungsi untuk penunjuk mata angin. Di android fungsinya juga untuk menunjukan arah mata angin, cuma bedanya dengan tampilan digital.
                  

TEMPERATUR SENSOR
            Berfungsi sebagai pendeteksi suhu pada perangkat smartphone anda. Dengan mengetahui suhu pada HP kita, jadi bisa mengantisipasi HP kita pada kerusakan. Biasanya panas ditimbulkan pada baterai, yang penggunaanya berlebihan, seperti bermain game sambil mengisi daya baterai.

1 komentar: